Sumpah Pemuda

Pemuda adalah ujung tombak pergerakan, makanya ada #SumpahPemuda. Belajar dari semangat mereka yuu soalan cinta tanah air. @SemaFKunpad

Ga cuma Tanah Air, #SumpahPemuda juga mengusung Bangsa dan Bahasa. Bahwa kita, satu Tanah Air, satu Bangsa, dan satu Bahasa.@SemaFKunpad

#SumpahPemuda jangan cuma jadi sejarah yag tiap tahun dikenang dan diperingati, tapi tak wujud dalam laku dan juang. @SemaFKunpad

harusnya #SumpahPemuda bisa menjadi spirit dan inspirasi untuk mehasiswa dalam bergerak demi Ibu Pertiwi tercinta.@SemaFKunpad

Kita kuliah dbayarin masyarakat Indonesia loh. Udah saatny kita bergerak utk negeri ini dg semangat #SumpahPemuda 84 thn silam @SemaFKunpad

Jika kita mahasiswa blm mampu mengubah negeri, bergerak dalam pergerakan kemahasiswaan merupakan bentuk apllikasi #SumpahPemuda @SemaFKunpad

Atau dg terjun langsung ke masyarakat pun bagian dari aplikas #SumpahPemuda. Artinya, kita peduli pd negeri ini. Peduli maka berarti cinta.

Klo udah satu bgini. bkn cuma Pemuda sih yg bergerak. Tapi, smg smw masyarakat di Indonesia bersatu utk bergerak. #SumpahPemuda @SemaFKunpad

Pemuda2 itu menyejarah lewat #SumpahPemuda. Masa kita ga pengen punya sejarah seperti mereka wahai #Pemuda Indonesia? @SemaFKunpad

Maka, pergerakan kita sekarang Insya Allah akan jadi sejarah untuk Indonesia Jaya beberapa (puluh) tahun mendatang.#SumpahPemuda @SemaFKunpad

Oke, Slamat b’gerak wahai #Pemuda utk kelak mengukir sejarah smbl menularkn semangat kpd sluruh rakyat Indonesia #SumpahPemuda @SemaFKunpad

 

 

Advertisements

Inferior

Jika diberi kata inferior, yang terbersit dalam benak saya adalah sebuah great vessel yang mengalirkan darah dari lower ekstremities, renal, hati, dan organ di bawah jantung lainnya kembali menuju jantung. Yup, tepatnya inferior vena cava.

Tapi, bukan itu inferior yang dimaksud. Melainkan, inferior itu semacam kata substitusi untuk rendah diri. akhir-akhir ini saya jadi begitu sering mendengarnya. Fenomena menuju kepengurusan baru.

Inferior bukanlah sesuatu yang baik untuk dilisankan. Rendah diri dan rendah hati beda broo! Akan lebih baik untuk hanya dirasa. Merasalah inferior, untuk kita terus belajar. Karena dengan rasa inferior, di situlah kita memiliki sejuta motivasi untuk mengejar ketertinggalan yang kita sebut inferior itu. Biarlah inferior itu hanya bercokol di hati dengan upaya konkret untuk terus perbaiki diri, bukan untuk dilisankan yang kadang tak ada laku untuk mengubah inferior menjadi pada titik keseimbangan.

Dan, catatan pentingnya, tidak semua orang ‘suka’ mendengarkan keinferioran kita. yang ada justru sebaliknya. Males kali dengerin orang lagi inferior. Kalo ga percaya, sok survey deh.

Saya bukan tipe inferior. Tapi, ada posisi tertentu yang membuat saya bisa merasa amat sangat inferior. Untuk hal yang satu itu. Iya, itu. Tepat sekali. Tapi, semoga saya bisa upgrade untuk kemudian tidak lagi merasa inferior. Tak perlu juga merasa superior. Cukup berada di antara inferior dan superior. Tepat di tengah. Di antara keduanya.

Keluarga Mahasiswa FK Unpad

Rabu sore kemarin, Senat Mahasiswa FK Unpad bekerja sama dengan BEM Kema Unpad mengadakan diskusi publik mengenai jamkesmas. Salah satu tujuan diadakannya diskusi ini adalah untuk mengevaluasi pemerintahan Pak SBY. Berikut rangkuman diskusi kemarin sore:

1. Latar belakang #Jamkesmas diantaranya UUD 45 pasal 28 H, HDI Indonesia masih rendah (129/143), sistem pembayaran “out of pocket”
2. SEMUA rakyat Indonesia berhak mendapatkan pelayanan kesehatan #Jamkesmas
3. Realita #Jamkesmas: Pendataan ganda, penduduk yg tdk terdaftar, masyarakat berstatus informal (misal tukang bakso)
4. Omong2 #8tahunSBY hmm gimana nih? Menarik apa kata dr Deni ttg #Jamkesmas di #8tahunSBY ini
5. Gimana #8TahunSBY? Tidak melaksanakan amanat UU. #DiskusiPublik
6. Harusnya, kl tau apa yg harus dilakukan, laksanakan SJSN, buat BPJSnya. Sekarang mana? Udah 2012 tapi… #8TahunSBY
7. Seharusnya UU SJSN disahkan tahun 2004 dan BPJS tahun 2005. Realitanya: baru akan dilaksanakan tahun 2014. #8TahunSBY
8. Dalam ruang lingkup pelayanan kesehatan, #Jamkesmas itu bagaikan “ekornya gajah”…

View original post 603 more words

Merindu. Sangat

Saya rindu

Pada malaikat penjaga di dunia

Yang merelakan dirinya untuk sulit karena saya

Yang perasaannya terkorbankan

Demi bocah-bocah yang pernah numpang di rahimnya

Yang punggungnya sering saya lihat dari jendela saat masih kecil

Punggung yang meninggalkan rumah

Untuk pulangnya membawa keringat dan setumpuk kerjaan dari kantor

I really miss you..:)

Image

Number one for me

Dalam seminar tadi, sempat dinyanyikan lagu ini. Lalu, saya jadi ingin menuliskannya. Mengutip sebagian liriknya.

i was a foolish little child
crazy things i used to do
and all the pain i put you through
mama now i’m here for you

for all the times i made you cry
the days i told you lies
now it’s time for you to rise
for all the things you sacrificed

oh, if i could turn back time rewind
if i could make it undone
i swear that i would
i would make it up to you

mum i’m all grown up now
it’s a brand new day
i’d like to put a smile on your face every day
mum i’m all grown up now
and it’s not too late
i’d like to put a smile on your face every day

and now i finally understand
your famous line
about the day i’d face in time
’cause now i’ve got a child of mine

you know you are the number one for me
you know you are the number one for me
you know you are the number one for me
oh, oh, number one for me

Tentu lagu ini akan mengingatkan kita pada sosok malaikat penjaga kita di bumi ini.

Ibu.

Bagi saya adalah orang yang paling rela berkorban untuk kita. Ahh, tak pernah ada kata yang tepat untuk menggambarkan bagaimana rasa sayang dan cintanya seorang ibu pada anaknya. Tak perlu diragukan lagi. Teringat saat saya masih sekolah (SMA), saya masih suka disuapin sama mama. Hahaha.. si bungsu manja.

Ingin saya katakan padanya, “Ma..sekarang gadis bungsumu telah dewasa. Tapi, mungkin aku belum bisa kasih apa-apa ke mama. Hanya bisa berharap bahwa amalan-amalan dan hafalan-hafalanku bisa menjadi penambah berat pahalamu di akhirat. Smoga Allah Izinkan dan mudahkanku menghafal KalamNya untuk kupersembahkan  mahkota cahaya dari RabbKu untukmu..:)”

Keluarga Mahasiswa FK Unpad

Jika selama ini mabim Kastil dianggap membosankan dengan metode debatnya yang tak jarang tanpa persiapan referensi dari peserta, tahun ini Kastil mengusung metode Mabim Kastil yang lebih ‘menyenangkan’. Tentu dengan metode yang sarat makna. Dengan tema “Pergerakan Mahasiswa”, Kastil ingin mahasiswa baru FK Unpad 2102 lebih memaknai lagi diri mereka sebagai mahasiswa yang memiliki banyak peran. Tidak hanya di ranah kampus, tetapi juga  di tataran nasional.

Pergerakan Mahasiswa mungkin sudah usang terdengar di telinga mahasiswa FK. Jikalaupun bukan usang, ini menjadi sesuatu hal yang tabu untuk diperbincangkan. Karena pegerakan mahasiswa seperti selalu identik dengan demonstrasi mahasiswa. Ditambah sejarah 1998 yang sering disebut-sebut sebagai pergerakan mahasiswa untuk menurunkan suatu rezim sehingga frase Pergerakan Mahasiswa seperti mengalami peyorasi.

Oleh karena itu, Seksi Kajian Strategis Ilmiah ingin menanamkan sejak dini kepada mahasiswa baru tentang makna Pergerakan Mahasiswa. Bahwa Pergerakan Mahasiswa bukan hanya soalan demo di jalan, melainkan banyak sekali aksi yang dapat dikatakan…

View original post 436 more words

Keluarga Mahasiswa FK Unpad

Angka kematian ibu dan bayi baru lahir (AKI dan AKB) di Indonesia masih terbilang tinggi, terutama di daerah Jawa Barat. Hal ini disebabkan masih banyak ibu yang melahirkan bukan di tenaga kesehatan (di paraji, dukun beranak, dll). Selain itu, hal ini  juga disebabkan oleh 4 Terlalu (terlalu banyak, terlalu rapat, terlalu muda) dan 3 Terlambat (terlambat ditangani oleh tenaga kesehatan, terlambat dirujuk ke sistem pelayanan kesehatan lanjutan, dan terlambat dideteksi komplikasi selama kehamilan oleh tenaga kesehatan).

Oleh karena itu, pemerintah mencanangkan program Jampersal (Jaminan Persalinan) yang ditujukan untuk semua ibu hamil dan melahirkan di semua lapisan masyarakat Indonesia, bukan hanya untuk masyarakat miskin saja karena masyarakat miskin sudah dicover oleh Jamksesmas. Selain tiu, tujuan utama dari Jampersal ini adalah untuk menurunkan AKI dan AKB di Indonesia, dimana AKI dan AKB tidak hanya berasal dari golongan orang kurang mampu saja. Program ini juga memliki tujuan khusus yaitu menggoal

View original post 864 more words

SelfTalk #2

Ternyata saya masih suka dzolim pada diri sendiri. Katanya mau rajin olaharaga, nyatanya?

Apanya yang mau helathy lifestyle kalo olahraga aja malesnya minta ampun.

Makan sayur jarang. Makan buah kadang-kadang kalo lagi rajin.

Gimana bisa intervensi pasien untuk prevention dan promotion kalo dokternya aja belum bisa menerapkan hidup sehat?

Ahh, paradoks sekali dengan masa depan saya nanti.

Move on ahh.. Jangan cuma wacana tapi konkret nihil.

 

 

Hikmah #1

Hari ini banyak sekali dapet kalimat hikmah. Entah berapa. Lebih dari ribuan. Di pagi sampe sore, hampir semua berisi hikmah. Dan saya inget betul di materi kedua acara tadi.. bahwaa….

“Saat kita banyak kecewa (dengan orang lain), sangat mungkin itu adalah hasil dari kita banyak mengecewakan orang lain, hanya saja orang lain itu tidak pernah mengatakan kekecewaannya kepada kita..”

Saya langsung tertunduk lesu. Saya ingat, dulu-dulu pernah merasa kecewa dengan satu dua orang, atau bahkan lebih. yang kemungkinan mengindikasikan ……

Dan mulai saat ini, saya ingin kita tak perlu lagi merasa kecewa pada saudara kita ataupun jamaah ini. Setiap perasaan tuannya adalah diri kita sendiri. yang akan membuat diri kita bahagia, sedih, ataupun kecewa..

Independent

Ikutan nimbrung beberapa teman yang sedang mengisi test kepribadian ‘Personality Plus‘. meluncurlah pertanyaan, “Kamu tau lagu Miss Independent-nya Neyo ga? Liat deh.. itu tuhh kamu banget. Kamu harus liat liriknya.”

dan segera disambar yang lain, “Iya..itu Farah banget..”

Miss Independent dalam lagu itu mereka gambarkan seperti saya yang di mata mereka amat sangat koleris walaupun masih memliki sisi sanguinis yang ga seberapa besar.

Saya layangkan pandangan untuk searching liriknya. dan, muncullah berbait-bait susunan kata..

ooh it’s somethin’ about
Just somethin about the way she move
I cant figure it out
there’s somethin about her

said ooh its somethin about
kinda woman that want you but dont need you
hey i cant figure it out
there’s something about her

cause she walk like a boss
talk like a boss
manicured nails to set the pedicure off
shes fly effortlessly

and she move like a boss
do what a boss do
she got me thinkin about getting involved
thats the kinda girl i need oh

she got her own thing
thats why i love her
miss independent
wont you come and spend a little time?

she got her own thing
thats why i love her
miss independent
ooh the way we shine
miss independent yeah

ooh there’s somethin about
kinda woman that can do for herself
i look at her and it makes me proud
theres somethin about her

theres somethin oh so sexy about
kinda woman that dont even need my help
she said she got it she got it no doubt
there’s something about her

cause she work like a boss play like a boss
car and a crib she bout to pay em both off
and her bills are paid on time

she made for a boss, only a boss
anything less she tellin them to get lost
thats the girl thats on my mind

she got her own thing
thats why i love her
miss independent
wont you come and spend a little time?

she got her own thing
thats why i love her
miss independent
ooh the way we shine
miss independent yeah

mmm her favorite thing to say
dont worry i got it
mmm and everything she got
best believe she bought it

mmm she gon’ steal my heart
aint no doubt about it
girl you’re everything i need
said you’re everything i need

miss independent
thats why i love her

Hahahahaaa… saya pengen ketawa bacanya. Dulu (semasa SMA), sebagai orang koleris, saya emang agak bossy. Sekarang udah ga terlalu. Bahkan, sebagai pemimpin, sekarang saya cenderung ‘turun tangan’, bantu-bantu segala hal yang bisa saya kerjakan. Dan dari semua sisi kepemimpinan, saya paling  suka memberi arahan. Tentu beda antara memberikan arahan dan menyuruh. Pokoknya, beda.!

Bagi mereka, persamaan yang paling kentara antara saya dan si miss independent tersebut di atas adalah semacem ‘kemandirian’. Itu juga alasan mengapa saya sering dibilang preman. kalo dipikir-pikir, apa hubungan manndiri dan preman? Emang orang yang mandiri selalu kayak preman?

Tapi dari lirik itu, ada yang emang ‘gw banget’..

her favorite thing to say
dont worry i got it

Tepat pada sisi saya yang seperti sudah makan asam garam, pahir getir, dan manis gula kehidupan. Don’t worry i got it. I can handle my own ‘world’.